Hati-Hati, Ini Dia Mitos Pernikahan yang Dilarang

Percaya tidak percaya, masih ada banyak mitos pernikahan yang diyakini hingga pada masa modern ini. Beberapa orang bahkan menerapkannya pada proses pencarian jodoh atau melakukan ritual untuk menolak bala.

white icing cover cake
Photo by Brent Keane on Pexels.com

Ada beberapa mitos pernikahan yang santer beredar di tengah masyarakat Indonesia. Apakah Anda meyakini salah satunya? Simak di sini ya.

Dilarang Melangkahi Kakak

Mendahului kakak menikah adalah hal yang tabu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kabarnya, apabila sang kakak tidak rida, hal tersebut akan menyebabkan kesialan pada sang adik.

Namun, kedatangan jodoh tidak bisa ditebak. Jika sang adik terpaksa harus menikah terlebih dahulu, ia wajib meminta izin kepada kakak dan menanyakan apa keinginan sang kakak. Kemudian, sang adik harus membelikan keinginan tersebut sebagai kompensasi karena menikah terlebih dahulu.

Gaun Pengantin Tidak Boleh Robek

Gaun pengantin adalah busana yang sakral. Ia akan membuat Anda dan pasangan menjadi raja dan ratu sehari. Itulah sebabnya ia harus disimpan di tempat yang spesial hingga hari pernikahan tiba.

Bahkan hingga pesta pernikahan usai, gaun pengantin tidak boleh robek. Robeknya gaun pengantin bisa menjadi pertanda rusaknya hubungan pernikahan.

Itulah alasan mengapa ada banyak orang yang menyimpan gaun pengantin di tempat khusus. Sebaiknya Anda juga melakukan hal tersebut, karena baju pengantin menyimpan banyak kenangan dan bisa diteruskan ke anak Anda kelak.

Tidak Boleh Tidur Bersama Setelah Bertengkar

Pertengkaran adalah sebuah hal yang tak terelakkan di dalam rumah tangga. Namun, ada mitos yang mengatakan bahwa setelah bertengkar, sebaiknya sepasang suami istri tidak tidur bersama. Hal tersebut diyakini akan membawa kesialan dan ketidakharmonisan.

Meskipun hanya mitos, tetapi cara itu memang sebaiknya Anda praktikkan. Memisahkan diri dari pasangan akan membantu Anda untuk menenangkan diri dan memberi ruang bagi kalian berdua untuk merenungkan kesalahan.

Itulah berbagai mitos pernikahan yang sering beredar di Indonesia. Mana yang Anda percayai? Tentu saja mitos sebaiknya tak ditelan mentah-mentah, apalagi jika sudah membuat hubungan Anda dan pasangan terganggu.

Pinterest