Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Lamaran??

Lamaran merupakan salah satu tahapan awal yang akan dilalui ketika seseorang akan melangkah ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Tahapan ini menunjukan keseriusan setiap pasangan karena hubungan yang mereka jalin akan melibatkan hubungan yang lebih dalam yaitu hubungan antara dua keluarga yang mungkin sebelumnya belum kenal atau sudah kenal dan akan menjadi lebih saling mengenal lagi.

Lalu sebenarnya apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk acara lamaran ini?? Apa saja agenda yang penting dan tidak boleh terlewatkan dalam acara lamaran ini? Yuk kita bahas bersama agenda-agenda dan persiapan untuk acara lamaran.

Lamaran menurut KBBI memiliki arti pinangan; permintaan untuk meminang, yang artinya permintaan untuk menjadikan seorang wanita untuk menjadi istri baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Dalam ajaran Agama Islam permintaan ini ditujukan untuk wali dari seorang wanita untuk memohon ijin akan menikahi wanita yang dimaksudkan.  Sedangkan pihak yang mengajukan pinangan dari pihak pria bisa dilakukan oleh pria itu sendiri maupun diwakilkan oleh walinya untuk memohon ijin pada wali pihak perempuan.

Inti acara utama dari prosesi lamaran adalah seperti yang telah disebutkan di atas yaitu permohonan lamaran dan jawaban atas lamaran itu sendiri. Namun, agar acara pertemuan dua keluarga ini bisa berjalan lebih efektif,  biasanya sambil disisipkan beberapa acara terkait dengan persiapan pernikahan. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan menurut Bride Love sebelum melaksanakan proses lamaran.

Cincin Pernikahan Tunangan
Photo by FOX from Pexels

1. Kesiapan Hati, Mental dan Finansial

Dilamar oleh seorang pria merupakan salah satu  saat yang ditunggu-tunggu bagi seorang wanita. Bayangan lamaran yang romantis dan indah seperti di film-film mungkin terbesit dipikiran bride to be akan terjadi di prosesi lamarannya. Namun tunggu dulu, sebelum melaksanakan semua itu ada  baiknya tanyakan pada diri anda sendiri beberapa pertanyaan berikut :

Sudah siapkah anda berubah peran?

Mengapa pertanyaan ini perlu? Karena setelah menerima  pinangan dari seorang lelaki cepat atau lambat anda akan berubah peran yang tadinya single menjadi seorang istri dengan hak dan kewajiban yang melekat pada peran tersebut. Mungkin memang saat memikirkan jawaban pertanyaan ini hati anda masih ragu apakah anda bisa melakukanya atau tidak ya, tapi tenang yang dibutuhkan adalah bukan anda sudah mampu atau belum tetapi kesiapan anda untuk mau belajar berubah menjadi peran baru yang mungkin ada tambahan kewajiban dibandingkan ketika anda masih sendiri.

Apakah dia orang yang tepat?

Pertanyaan ini tidak kalah pentingnya sebelum anda memutuskan untuk menerima atau tidak pinangan seseorang. Tidak ada kriteria baku yang bisa menentukan dia orang yang tepat atau tidak untuk menjadi suami anda karena setiap orang memiliki kriteria yang berbeda-beda untuk memutuskan dia orang yang tepat atau bukan bisa dari segi agama, kepribadian, pekerjaan, skill dan lain sebagainya. Yang jelas apapu kriteria anda libatkanlah Allah SWT dalam pemilihan jodoh anda insyaallah tidak akan salah dalam memilih orang yang tepat.

Berapa biaya yang saya miliki dan acara seperti apa yang ingin saya selenggarakan?

Pertanyaan ini lebih terkait dengan penyelenggaraan prosesi lamaran itu sendiri dan jangka panjang nanti untuk persiapan pernikahan. Sehingga anda mengetahui kondisi keuangan anda dan calon pasangan untuk menentukan acara seperti apa yang akan kalian buat, uang dapat dari mana saja dan apabila masih butuh waktu untuk mengumpulkan uang butuh berapa lama untuk menentukan tanggal pernikahan juga sehingga saat menikah tabungan kalian sudah cukup. Lebih baik lagi apabila anda sudah terbayang nanti ketika menikah keuangan akan bagaimana sehingga meminimalisir konflik yang akan terjadi setelah pernikahan nanti terkait dengan pengaturan keuangan dalam keluarga karena kalian sudah mengkomunikasikannya jauh-jauh hari sehingga mendapat kesepakatan dari kedua belah pihak.

Setelah dapat menjawab ketiga pertanyaan tersebut diharapkan anda paling tidak telah memiliki kesiapan mental untuk belajar peran baru, memiliki ketetapan hati pada calon pasangan dan telah terbayangkan pengaturan keuangan anda untuk persiapan lamaran, pernikahan bahkan hingga kehidupan setelah kalian menikah nantinya. Karena saya yakin tidak ada yang menginginkan lamarannya gagal karena alasan apapun kan? 3 pertanyaan di atas hanya merupakan lingkup kecil dari sekian banyak yang perlu kalian sadari sebelum melamar/menerima lamaran dari seseorang.  Silahkan mengembangkan sesuai kondisi dan keadaan masing-masing dan pertimbangan kalian dalam memutuskan untuk menjalin hubungan lebih serius  dengan seseorang.  Selanjutnya kita bahas lebih ke hal teknis mengenai acara lamaran.

2. Persiapan Acara

Setelah menentukan kondisi keuangan seperti pada nomor di atas, langkah selanjutnya anda bisa mulai mempersiapkan acara yang  anda inginkan tentunya dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai acara apa yang akan dilaksanakan tapi umumnya mencakup beberapa acara berikut :

  • Keluarga Calon Pria datang dan menyerahkan oleh-oleh kepada keluarga Wanita
  • Pembukaan Acara
  • Pengutaraan maksud kedatangan dari keluarga Pria (Meminang)
  • Jawaban dari keluarga wanita
  • Penyematan cincin
  • Perkenalan Keluarga dari pihak wanita
  • Perkenalan Keluarga dari pihak laki-laki
  • Pembahasan mengenai tanggal  pernikahan
  • Ramah tamah (Makan bersama,hiburan)
  • Penutup
  • Penyerahan oleh-oleh dari keluarga wanita kepada keluarga pria

Dari beberapa acara yang umumnya ada disetiap acara lamaran di atas biasanya dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan keingian calon pengantin.

3. Persiapan Teknis

Pembahasan nomor 2 diatas terkait dengan agenda apa saja yang biasanya dilakukan dalam prosesi lamaran. Selanjutnya mari kita bahas persiapan secara teknis sebelum acara lamaran berlangsung apa saja sih yang perlu dilakukan?

  • Persiapan tempat/ venue lamaran

Tempat lamaran bisa dilaksanakan di rumah ataupun di luar rumah dengan menyewa tempat di tempat makan. Tentunya pilihan tersebut harus memperhatikan beberapa hal selain budget pertimbangkan juga jumlah tamu . Jika akan melaksanakan prosesi lamaran di rumah perlu dilihat apakah mencukupi untuk kapasitas tamu yang akan datang,jika memungkinkan apakah bisa ditambahkan tenda di sekitar rumah?

Begitu pula apabila ingin memilih untuk menyewa tempat di luar, harus menyesuaikan  kapasitas dengan tamu yang akan datang, makanan apa yang akan dipilih sesuaikan dengan tempat yang disewa. Serta apabila menyewa tempat biasanya diberi batasan waktu tertentu  sehingga acara yang disusun juga harus disusun sesuai dengan waktu sewa tempat.

  • Penggunaan WO atau diurus sendiri dengan bantuan keluarga

Saat berlangsungnya acara anda bisa meminta bantuan Wedding organizer untuk membantu pelaksanaan acara atau bisa meminta bantuan dari keluarga besar. Apabila meminta bantuan keluarga pastikan orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengurus bagian-bagian tertentu sesuai dengan kapasitas kemampuannya.

  • Persiapan Pakaian Lamaran

Pakaian lamaran biasanya agar terlihat serasi pasangan menggunakan pakaian yang sepasang. Untuk hal ini maka perlu dipersiapkan jauh-jauh hari apakah akan menjahit pakaian baru atau membeli pakaian  jadi. Selain itu pihak keluarga juga kadang ada yang menghendaki untuk mengenakan seragam hal ini juga perlu dipertimbangkan dari sisi anggaran dan waktu pembuatan pakaian apabila memilih untuk menjahit pakaian.

  • Persiapan cincin lamaran

Tukar cincin saat lamaran bukan merupakan suatu hal yang wajib tapi menjadi ciri khas dalam prosesi lamaran. Bagi pasangan yang memilih untuk melakukan tukar cincin, pemesanan cincin yang berukir nama cukup memerlukan waktu apalagi jika pasangan menghendaki cincin dengan desain custom. Oleh karena itu perlu dipesan jauh-jauh hari. Namun apabila hanya pihak wanita saja yang ingin menggunakan cincin maka persiapannya akan lebih cepat karena bisa membeli secara langsung di toko emas. Bagi calon pengantin pria muslim biasanya tidak menginginkan penggunaan cincin emas oleh karena itu perlu waktu pemesanan untuk membuat cincin dari bahan paladium atau perak.

  • Persiapan vendor dekorasi

Pelaksanaan lamaran akan lebih cantik dan menarik apabila venue dihiasi menggunakan backdrop dari vendor dekorasi. Untuk pemilihan dekorasi sendiri dapat disesuaikan dengan budget yang ada dan dekorasi yang diinginkan oleh calon pengantin.

  • Persiapan oleh-oleh

Biasanya masing-masing pihak laki-laki dan perempuan saat datang untuk melamar membawa buah tangan dari rumahnya masing-masing. Tidak ada aturan khusus harus membawa apa bahkan ada pula yang membawa barang-barang seperti untuk seserahan saat datang melamar itu semua tergantung kesepakatan keluarga masing-masing.

  • Persiapan Vendor Foto dan Video

Foto dan video tidak kalah pentingnya dalam proses persiapan lamaran ini. Karena setelah acara berakhir hanya foto dan video yang tersisa untuk dikenang sepanjang masa. Pilihlah vendor dengan bijak yang baik track recordnya dan tepat waktu karena setiap momen yang terjadi harus terdokumentasikan dengan baik.

Yak itu tadi beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan prosesi lamaran  menurut Bride Love semoga bermanfaat dalam memberikan inspirasi persiapan acara anda yaa… terimakasih.

Pinterest