3 Tips Mengadakan Lamaran Pengantin di Masa New Normal

Lamaran atau pertunangan merupakan acara yang diselenggarakan sebelum dua sejoli melangkah ke pelaminan. Dalam budaya Indonesia, lamaran biasanya ditandai dengan prosesi tukar cincin, disaksikan oleh keluarga kedua calon pengantin.

cincin lamaran pengantin
Photo by Element5 Digital from Pexels

Namun, bisakah kita tetap mengadakan acara tunangan di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang? Tentu saja bisa. Berikut beberapa tips lamaran pengantin di masa new normal yang bisa kamu jadikan panduan.

  1. Adakan di Rumah

Mengadakan acara di luar saat pandemi seperti sekarang bukanlah keputusan yang bijak. Demi menekan penyebaran virus, kamu lebih dianjurkan untuk menggelar prosesi lamaran di rumah saja.

Selain lebih aman, menyelenggarakan acara lamaran di rumah sendiri juga akan menghemat bujet. Jadi, uang yang sedianya kamu keluarkan untuk sewa gedung bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih penting, misalnya tabungan membeli rumah, staycation, atau biaya persalinan.

  1. Batasi Jumlah Tamu

Tidak seperti pesta pernikahan yang dihadiri banyak orang, lamaran umumnya cenderung lebih privat. Nah, kamu bisa memakai alasan ini untuk membatasi jumlah tamu undangan. Makin sedikit jumlah tamu, tentu makin bagus.

Bila perlu, sampaikan pada keluarga calonmu berapa jumlah maksimal tamu yang boleh hadir mengingat kondisi yang kurang memungkinkan. Asal diutarakan baik-baik, keluarga calon juga pasti akan mengerti, kok.

  1. Sederhana, tapi Berkesan

Meski di tengah pandemi, kamu tetap bisa kok mengadakan acara lamaran yang berkesan. Bukan sekadar prosesi tukar cincin dan seserahan, ciptakan momen pertunanganmu sebagai ajang silaturahmi dua keluarga.

Setelah acara inti selesai, suguhi tamu undangan dengan aneka hidangan khas sembari bercengkerama. Jadi meski jumlah orang yang hadir sedikit, suasana akan tetap hangat dan sakral.

Selain ketiga tips lamaran pengantin di atas, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah selama acara berlangsung ya, seperti memakai masker, cuci tangan, dan physical distancing. Selamat menjemput hari bahagia!

Pinterest